Rangkuman Info Keren

Senin, 20 Agustus 2012

Langkah Memulai Diet Bagi Pemula Secara Mudah

Advertisements

Langkah memulai diet bagi pemula dapat dilakukan dengan banyak cara, tentu ini adalah bertujuan untuk menurunkan berat badan. Memiliki berat badan yang ideal dan bentuk tubuh yang proporsional tentu akan menjadi hal yang diidamkan oleh semua orang. Karena selain menambah kepercayaan diri, tubuh merasa lebih lincah, juga lebih sehat.

Banyak cara memang untuk menurunkan berat badan mulai dengan memebatasi jumlah kalori yang masuk ke tubuh, berolahraga, mengurangi makanan yang manis, sampai dengan meminum obat penurun berat badan.

Jika anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal dalam menjalankan sebuah program diet maka biasanya anda akan membutuhkan bantuan seorang pelatih atau instruktur yang akan membimbing anda.

Namun, bagi anda yang terkendala masalah biaya apa salahnya mencoba melakukan program diet dengan tanpa bantuan instruktur diet, tapi yang perlu menjadi catatan adalah lakukan secara sehat. Karena bagaimanapun sebuah program diet yang ekstrem dan terlalu memaksakan malah akan menimbulkan masalah kesehatan.

diet

Baca juga artikel tentang : rumus cara menghitung berat badan ideal dengan cara mudah dan juga 10 buah yang dapat membantu menurunkan berat badan anda.

Anda bisa mencoba tips-tips berikut untuk langkah memulai diet bagi pemula secara mudah :

1. Perhatikan jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh anda
Normalnya, pria ataupun wanita membutuhkan 1800 sampai dengan 2000 kalori setiap harinya. Jangan sampai anda memasukkan kalori dalam tubuh anda dalam jumlah yang jauh melebihi angka itu apabila tidak ingin berat badan anda bertambah setiap harinya. Apabila anda merasa bahwa jumlah kalori yang anda konsumsi pada hari itu terlalu tinggi maka sempatkanlah untuk berolahraga beberapa menit agar tidak terjadi penumpukan kalori yang berlebihan di dalam tubuh.

2. Lengkapi menu makan anda dengan makanan berkalori rendah akan tetapi berkualitas tinggi, mengandung banyak zat gizi yang diperlukan tubuh yaitu buah dan sayuran.

3. Jangan lewatkan jam makan
Apabila anda terbiasa untuk makan sebanyak 3 kali sehari maka jangan pernah anda melewatkannya. Usahakan makan secara teratur dalam waktu yang sama setiap harinya dengan porsi yang cukup tidak berlebihan. Tambahkan buah dan sayuran dalam menu makanan harian anda karena selain rendah kalori, kaya nutrisi juga biasanya mengandung serat makanan yang dibutuhkan tubuh untuk membantu proses pencernaan di dalam tubuh. Makan secara teratur ini dipercaya dapat meniingkatkan metabolisme tubuh yang tentu saja akan membantu proses pembakaran kalori.

4. Meminum teh hijau harian
Selain kaya akan antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh, teh hijau juga merupakan rempah-rempah yang bermanfaat untuk tujuan melunturkan lemak dan juga mengurangi akumulasi penumpukan lemak dalam tubuh. Teh hijau ini memiliki peran penting untuk metabolisme tubuh, dan dengan metabolise yang baik akan membantu untuk membakar lemak dalam tubuh. Adanya kandungan polifenol juga memiliki khasiat untuk melarutkan endapan trigliserida dalam tubuh. trigliserida dalam jumlah yang berlebihan dapat menyebabkan penimbunan lemak.

5. Melakukan beberapa jenis olahraga baru
Anda bisa melakukan beberapa jenis olahraga untuk tujuan membakar kalori agar tidak merasa jenuh serta bisa membakar kalori lebih banyak. Semua itu bisa anda mulai dengan cara mudah sebenarnya, misalnya saja berangkat ke tempat kerja dengan berjalan kaki ataupun naik sepeda. Dan jika hari libur tiba mencoba melakukan senam, badminton ataupun renang. Bahkan, saat anda sedang berada di kantor pun sebenarnya masih bisa melakukan aktifitas olahraga untuk membakar kalori. Misalnya saja dengan cara berdiri tegak lalu memiringkan leher ke arah pundak secara perlahan dan tahan selama beberapa detik, atau dengan cara berdiri lalu duduk lagi secara berulang selama beberapa menit, atau bisa juga dengan melakukan gerakan seperti sedang berenang dalam keadaan duduk. Asal jangan melakukannya secara berlebihan saja agar tidak dikira orang yang aneh hehe.

6. Istirahat yang cukup
Jika anda mendapatkan tidur yang berkualitas dalam jumlah yang cukup yaotu 7-8 jam perhari maka akan membantu metabolisme tubuh anda berjalan dengan baik. Tak hanya itu, kurang tidur juga bisa menyebabkan berat badan anda naik karena kadar kortisol biasanya akan mengalami kenaikan sehingga selera makan menjadi besar, dan cenderung akan memakan makanan dalam jumlah banyak pada saat siang harinya. Tentu saja itu akan berdampak buruk bagi program diet anda.

Itulah beberapa tips langkah memulai diet bagi pemula yang tentu saja semua itu bisa anda lakukan dengan mudah setiap hari apabila ada kemauan.

Facebook Twitter Google+
Back To Top