Rangkuman Info Keren

Senin, 26 November 2012

Pengertian Lingkungan Hidup, Kerusakan Pada Lingkungan dan Upaya Pelestariannya

Advertisements

Pengertian lingkungan hidup, apakah itu? Lingkungan hidup dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang ada di sekitar manusia atau makhluk hidup yang memiliki hubungan timbal balik dan kompleks serta saling mempengaruhi antara satu komponen dengan komponen lainnya.

Sedangkan menurut UU No 23 tahun 1997 adalah kesatuan ruang dengan semua benda atau kesatuan makhluk hidup termasuk di dalamnya ada manusia dan segala tingkah lakunya demi melangsungkan perikehidupan dan kesejahteraan manusia maupun mahkluk hidup lainnya yang ada di sekitarnya.

Terdapat dua komponen utama dalam suatu lingkungan yaitu komponen biotik dan komponen abiotik sehingga menciptakan suatu ekosistem.

Yang termasuk dalam komponen biotik adalah mencakup semua makhluk hisup yang ada di dalam lingkungan yaitu manusia, hewan, tumbuhan, jamur, dsb. Sedangkan yang termasuk ke dalam komponen abiotik itu adalah benda-benda mati yang memiliki manfaat bagi keberlangsungan hidup makhluk hidup tersebut di suatu lingkungan, diantaranya adalah tanah, api, bebatuan, udara, dsb.

pengertian lingkungan hidup
Image courtesy of ddpavumba / FreeDigitalPhotos.net

Kerusakan pada lingkungan hidup

Yang dapat menyebabkan kerusakan pada lingkungan hidup ada dua faktor yaitu secara alami dan karena faktor manusia, ulah-ulah jahil manusia yang tidak bertanggung jawab bisa menyebabkan kerusakan lingkungan.

1. Faktor alami
Bencana alam dan cuaca yang buruk bisa menjadi salah satu pemicu kerusakan lingkungan. Contoh bencana alam yang merusak lingkungan hidup misalnya banjir, tanah longsor, tsunami, angin puting beliung, gunung meletus, gempa bumi, dan bencana lainnya yang terjadi secara alami tanpa campur tangan manusia.

2. Faktor buatan ( tangan jahil manusia)
Salah satu pemicu kerusakan karena ulah jahil manusia diantaranya karena manusia memiliki kebutuhan yang terus berkembang dari waktu ke waktu, sehingga tak jarang mereka akan mengeksploitasi sumber daya alam secara berlebihan tanpa memikirkan dampak buruknya di kemudian hari. Misalnya saja penebangan hutan secara liar yang bisa menyebabkan munculnya banjir dan tanah longsor, contoh lainnya adalah membuang sampah secara sembarangan yang dapat menghambat aliran sungai sehingga akibatnya terjadi banjir.

Beberapa upaya pelestarian lingkungan hidup :

1. Menanam kembali hutan yang gundul (reboisasi)
2. Menyediakan tempat di di depan rumah warga agar tidak membuang sampah sembarangan
3. Pemberian sanksi pada pelaku pencemaran lingkungan
4. Mengehntikan eksploitasi sumber daya alam secara berlebih
5. Peningkatan kesadaran masyarakat akan betapa pentingnya kelestarian tanah, air, udara bagi lingkungan

Demikianlah pembahasan singkat mengenai apa itu pengertian lingkungan hidup, kerusakan pada lingkungan hidup, serta bagaimana upaya untuk pelestarian lingkungan hidup.

Facebook Twitter Google+
Back To Top