Rangkuman Info Keren

Rabu, 02 Januari 2013

Bagaimana Cara Membuat Tape

Advertisements

Tahukah anda cara membuat tape? Tape adalah makanan hasil dari jenis makanan dengan kandungan karbohidrat yang tinggi kemudian di lakukan fermentasi terhadap makanan tersebut. Pada proses fermentasi tersebut akan muncul sebuah jamur yang bernama scharomyce cerivissiae, jamur tersebut memiliki peranan yang luar biasa yaitu merubah karbohidrat yang ada pada makanan yang di fermentasi menjadi karbondioksida dan alkohol.

Waktu yang dibutuhkan jamur tersebut untuk merubah kandungannya adalah sekitar 3 hari dengan bantuan jamur yang lain. Untuk mendapatkan tape yang berkualitas, anda harus menyiapkan bahan yang berkualitas pula. Selain bahan, waktu yang dibutuhkan untuk membuat tape tersebut adalah 3 hari, jangan sampai lebih dari 3 hari karena tape akan mudah lemas.

cara membuat tape

Untuk membedakan antara tape yang mengandung vitamin A tinggi dan rendah vitamin A, caranya adalah melihat dari warnanya. Untuk tape dengan kandungan vitamin A yang tinggi maka warnanya akan kuning, sedangkan yang berwarna agak putih maka kandungann vitamin A sangatlah sedikit.

Selain dari vitamin A, kandungan yang ada pada tape sangatlah banyak. Salah satu manfaatnya, tape mengandung banyak probiotik yang di dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan tubuh dan menetralkan semua racun yang mengancam tubuh kita. Disini kami akan memberikan bahan-bahan dan cara membuat tape yang mudah dan bisa anda praktekkan di rumah.

Cara membuat tape menggunakan singkong:

Bahan yang harus ada :
1. Singkong 3 kg
2. Ragi 2,5 buah (haluskan terlebih dahulu)
3. Daun pisang untuk membungkus

Proses pembuatannya :
1. Cuci bersih singkong yang anda gunakan, jangan lupa kupas kulitnya.
2. Satu buah singkong, anda bisa memotongnya sekitar 3-4 bagian. Setelah itu kukus singkong tersebut sampai benar-benar matang.
3. Taruh singkong pada panci atau wadah yang sudah anda siapkan, jangan lupa lampirkan daun pisang sebagai alas pada wadah yang anda gunakan.
4. Pada tiap beberapa lapisan, anda bisa menaburkan ragi dan kemudian ratakan. Setelah anda menaburkan ragi secara merata, tutuplah wadah tersebut dan diamkan selama 3 hari.


Tips membuat tape :
Gunakanlah singkong maupun bahan lainnya yang tidak terlalu tua, karena singkong yang tua akan menghasilkan tape yang keras. Hal ini akan membuat tape tersebut kurang sempurna. Selain itu, cuci tape sampai bersih agar jamur fermentasi tersebut dapat bekerja secara maksimal.

Facebook Twitter Google+
Back To Top